Manfaat Push Up Setiap Hari Ternyata dapat Memperbaiki Postur Tubuh, Lho!


Push up merupakan salah satu gerakan olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat, karena selain praktis, mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja, olahraga ini juga tidak membutuhkan biaya yang besar. Ada banyak manfaat push up yang bisa Anda rasakan seperti membuat tubuh jadi lebih fresh, bugar dan dapat memperbaiki postur tubuh. Disela-sela kesibukan pekerjaan, Anda bisa melakukan push up di rumah selama 5-10 menit saja setiap harinya dan rasakan manfaatnya.

Gerakan push up sangat mudah dilakukan, cara melakukan push-up pada umumnya yaitu dengan:

  • Badan tengkurap, lalu letakkan kedua tangan sejajar dengan bahu.
  • Topang badan dengan meluruskan tungkai serta menjaga posisi lutut supaya tidak menempel pada lantai.
  • Atur tubuh agar kepala, punggung hingga tumit membentuk garis lurus.
  • Turunkan badan dengan menekuk siku berjarak 5 cm dari lantai.
  • Tahan selama beberapa detik lalu angkat kembali badan Anda dengan siku lurus.

Manfaat Push Up Setiap Hari

Bagi Anda yang mendambakan hidup sehat, menjaga pola makan tidaklah cukup, Anda juga harus rutin berolah raga salah satunya melakukan push up. Meskipun gerakan ini sangat sederhana, namun memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat push up setiap hari yang bisa Anda rasakan, yaitu:

1. Meningkatan Kekuatan Sendi

Dengan melakukan push-up setiap hari maka dapat meningkatkan dukungan sendi, tonus otot serta kekuatan [2]. Karena gerakan ini menekankan pada kekuatan tangan, bahu dan perut, maka push up efektif untuk memperkuat otot di sekitar sendi bahu. Untuk mendapatkan hasil yang efektif tentunya harus dilakukan secara rutin.

Namun perlu diingat, push up merupakan salah satu gerakan olahraga yang cukup berat sehingga harus dilakukan secara bertahap. Membebani otot lemah secara berlebihan bisa menyebabkan cedera otot serta tendon.

2. Meningkatkan Kekuatan Tubuh dan Otot

Dengan meningkatkan kekuatan persendian, maka tubuh dan otot juga akan semakin kuat. Olahraga push up memiliki berbagai variasi dan masing-masing memiliki manfaat push up nya tersendiri untuk aktifkan otot dengan cara berbeda. Berdasarkan hasil studi dari journal of athletic training 2015 yang melibatkan 8 sukarelawan melakukan variasi push up dan hasilnya memberikan manfaat yang berbeda seperti berikut:

  • Push Up Standard: Variasi push up ini dilakukan dengan cara membuka tangan selebar bahu, tubuh bagian atas sejajar dengan kaki. 
  • Push Up Lebar: Variasi push up ini dilakukan dengan memberikan jarak antara kedua tangan dua kali lipat dari jarak SP.
  • Narrow Push Up: gerakan ini dilakukan dengan tengkurap dan tangan berada di bawah tengah tulang dada. Gerakan ini cocok bagi orang yang mencoba meningkatkan ukuran atau kekuatan trisep.
  • Forward Push Up: dilakukan dengan tangan dibuka selebar bahu dan 20 cm di depan bahu
  • Backward Push Up: tangan dibuka selebar bahu 20 cm di belakang bahu. Gerakan ini dapat meningkatkan kekuatan tubuh di bagian atas.
  • Dari hal tersebut ditemukan studi berikut ini:
  • Narrow Push Up dapat meningkatkan kekuatan otot trisep serta pectoralis mayor
  • Forward Push Updan Backward Push Up dapat meningkatkan otot perut dan punggung
  • Backward Push Up dapat mengaktifkan kelompok otot secara keseluruhan

3. Menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, push up menjadi salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan. Pasalnya manfaat push up setiap hari yaitu menurunkan berat badan, karena gerakan ini dapat mengeluarkan 7 kalori dalam setiap menitnya [3].

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat push up selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan serta kinerja jantung agar aliran darah dalam tubuh Anda tetap berjalan lancar. Sehingga push up secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular [3].

Banyak sekali manfaat push up setiap hari bukan? Siapa sangka, push-up bukan hanya dapat meningkatkan otot tetapi bisa memperbaiki postur tubuh jadi lebih baik dan ideal. Oleh sebab itu, melakukan push-up setiap hari di sela-sela kesibukan Anda!

Jangan lupa, setelah berolahraga dan push up, cairan tubuh harus dipenuhi dengan minum air mineral berkualitas, seperti AQUA. Pasalnya Aqua sudah membantu masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidrasi lebih dari 48 tahun. Air mineral sendiri memiliki peran penting untuk kesehatan karena memiliki kandungan yang banyak seperti kalium, selenium, magnesium, zinc dan lainnya.

Dengan minum air mineral, Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah. Setidaknya manusia membutuhkan air sebanyak 2 liter atau 8 gelas perhari. Air mineral AQUA jadi pilihan yang tepat dan tidak diragukan lagi kualitasnya.

Air mineral Aqua didapatkan dari pegunungan asli yang terjaga mineralnya dan melakukan produksi dengan prosedur yang ketat dan terjaga. Setidaknya ada 3 perlindungan yang dilakukan AQUA untuk menjaga kualitas produksi airnya yaitu melindungi ekosistem sumber air agar terus terjaga dan asri serta tidak rusak, melindungi kealamian mineral dengan proses pengambilan air yang terjaga, dan proses produksinya dilakukan secara saksama untuk menjaga kualitas dan keaslian mineral hingga ke tangan konsumen.

Itulah beberapa manfaat push up setiap hari yang bisa memperbaiki tubuh agar lebih cantik dan ideal. Jangan lupa habis olahraga atau push up minumnya air mineral dari AQUA!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama