Pelajar Wajib Tahu! Simak Arti Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Pelajar Wajib Tahu! Simak Arti Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Sebagaimana yang diketahui, bahwa seragam sekolah merupakan seperangkat pakaian standar yang harus dikenakan di suatu lembaga pendidikan. Umumnya di Indonesia pakaian satu ini digunakan oleh pelajar mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Namun untuk tiap tingkat atau jenjangnya tersebut memiliki warna seragam yang berbeda beda sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu berikut ini akan diulas makna dari perbedaan warna tersebut.

Makna Dibalik Warna Seragam Untuk Pelajar di Indonesia

1. Seragam Untuk Tingkat Sekolah Dasar

Dalam sejarahnya, anak di Indonesia yang bersekolah mulai mengenakan seragamya sejak zaman penjajahan Jepang. Tapi pada saat itu pihak yang berwenang masih belum menetapkan pemisahan warna seragam di tiap jenjang pendidikan. Tujuan dari penggunaan seragam sekolah dari dulu hingga sekarang ialah sebagai simbol kesetaraan sosial bagi seluruh siswa. Barulah pada tanggal 17 Maret 1982, Presiden Soeharto mulai menetapkan pemisahan warna Seragam.

Seragam untuk Sekolah Dasar ini identik dengan warna putih dan merah. Warna putih terletak pada bagian kemeja, sementara warna merah terletak pada bagian rok atau celananya. Kedua warna terpilih karena mencerminkan bahwa pelajar SD penuh dengan energi, semangat tinggi, serta memiliki sifat yang ceria. Selain itu warna merah yang ada pada seragam ini mencerminkan kekuatan dan keberanian.

Sementara warna putih memiliki arti suci dan bersih. Warna merahnya juga identik dengan kesan yang mencolok dan menarik, sehingga diharapkan bisa mendorong anak anak untuk selalu memiliki semangat dan energi yang tinggi dalam menuntut ilmu. Tak lupa juga bahwa warna ini memiliki makna sebagai hasrat yang kuat untuk anak anak, agar selalu memiliki antusias dalam bersekolah dan rajin belajar.

2. Seragam Untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Seragam sekolah untuk tingkat SMP ini, identik dengan kemeja putih serta bawahan (rok atau celana) berwarna biru tua. Warna biru yang dikenakan pada siswa tingkat SMP ini, memiliki filosofi rasa percaya diri. Dengan begitu semua pelajar SMP diharapkan memiliki sikap percaya diri. Selain itu warna tersebut juga melambangkan keahlian komunikasi yang tentunya ditunjang dengan sikap percaya diri tersebut.

Di tingkat SMP ini, siswa telah memasuki usia remaja dimana mereka harus mulai belajar bagaimana mengekspresikan diri dengan baik serta melatih kemandirian. Tak seperti siswa SD, pelajar SMP ini mulai dituntut untuk tak lagi bergantung pada orang lain atau manja. Kemandirian tersebut juga berhubungan dengan lingkungan yang telah berubah serta cara belajarnya yang berbeda dari sebelumnya.

3. Seragam Untuk Sekolah Menengah Atas

Seragam yang diperuntukkan untuk pelajar tingkat SMA ini umumnya berwarna putih untuk bagian atasnya, kemudian warna abu abu pada bawahannya baik itu rok maupun celana panjang. Warna abu abu tersebut menggambarkan kedewasaan, sehingga mengharuskan siswa SMA memiliki sifat yang lebih dewasa dari tingkat sebelumnya. Kedewasaan tersebut melingkupi aspek kedewasaan berpikir, kedewasaan dalam berbuat, dan lain sebagainya.

Selain kedewasaan, warna abu abu yang terdapat pada seragam sekolah SMA ini juga melambangkan ketenangan dan ketegasan sehingga para pelajar SMA akan lebih fokus dalam meraih cita cita mereka. Di tahap ini mereka akan mulai mengenal lebih dalam lagi mengenai diri mereka. Siswa SMA juga membutuhkan ketenangan dalam belajar, karena pada tahap ini mereka akan melangkah lebih maju lagi menuju impian masing masing.

Itulah makna dibalik warna dari seragam yang dikenakan oleh para pelajar di Indonesia, anda bisa mendapatkan seperangkat seragam tersebut di Dunia Garment. Karena Dunia Garment merupakan Garment dan Konveksi yang bisa membantu anda untuk membuat produk seperangkat pakaian sekolah, kemeja kerja, pakaian kantor, kemeja komunitas, kaos, batik, jaket, topi dan produk fashion lainnya. Menyertakan alamat web serta nomer whatsapp +6289668268932 untuk pemesanan atau konsultasi.

0 komentar:

Posting Komentar