Kenali 5 Penyebab Munculnya Ruam Popok Bayi

Kenali 5 Penyebab Munculnya Ruam Popok Bayi

Ruam pada bayi tidak selalu disebabkan oleh popok yang digunakan. Terdapat faktor lain yang menyebabkan bayi merasa tidak nyaman akibat ruam. Kebanyakan bayi akan merasakan gatal dan tidak nyaman ketika ruam muncul.

Hal ini dikarenakan bakteri yang tumbuh di area kulit Si Kecil yang tertutup popok karena lembap. Selain itu, ruam pada bagian tubuh bayi juga dikarenakan oleh kulit sensitifnya. Akan tetapi, terdapat beberapa penyebab munculnya ruam popok bayi antara lain:

Penyebab Ruam di Wilayah Sekitar Popok Bayi

1. Mulai MPASI 

Mengutip dari https://merries.co.id/community-parenting/kesehatan/sebabkan-gatal-berikut-cara-mengatasi-ruam-popok-bayi, pada saat usia menginjak enam bulan, bayi mulai diberikan makanan pendamping air susu ibu atau yang disebut MPASI. Hal ini menyebabkan kotoran lunak pada bayi mengalami perubahan baik secara tekstur dan volume.

2. Menggunakan Popok yang Terlalu Lama 

Popok merupakan produk inovasi yang memudahkan ibu ketika mengurus bayi. Tidak perlu memerlukan celana bayi yang banyak. Selain itu, risiko kasur basah juga sangat rendah. Namun, para ibu harus sering mengganti popok yang digunakan bayinya agar tidak terjadi ruam.

Penggantian popok dapat dilakukan dalam waktu tiga hingga empat jam sekali. Sekalipun bayi tidak pipis dan BAB, anda harus menggantinya untuk menjaga kelembapan yang ada dalam popok. Popok yang lembap juga bisa disebabkan oleh keringat yang dihasilkan bayi.

3. Kulit Sensitif Pada Bayi

Kulit sensitif menyebabkan ruam popok bayi. Tidak perlu khawatir, anda bisa menggunakan popok yang memang cocok bagi kulit bayi yang halus. Bayi yang memiliki dermatitis atopik memiliki kecenderungan untuk terkena peluang ruam lebih besar.

Maka dari itu, anda bisa memilih Merries sebagai pilihan utama popok bayi. Dengan fitur breathable, popok bisa bersirkulasi dengan baik agar kulit bayi sensitif tidak mudah lecet. Selain itu, permukaan yang lembut pada popok ini menambah kenyamanan pada bayi.

4. Imbas Dari Obat Antibiotik 

Selain faktor eksternal, faktor dari dalam tubuh bayi juga mempengaruhi terjadinya ruam. Misalnya, saat Si Kecil sedang dalam pengobatan bisa muncul ruam. Imbas dari obat antibiotik bisa membunuh bakteri baik dalam tubuh bayi. 

5. Infeksi Dari Bakteri

Bagian tubuh sekitar popok merupakan area yang harus selalu dijaga tingkat kekeringannya, apalagi lipatan kulitnya. Jangan sampai dibiarkan dalam kondisi lembap karena menjadi tempat tumbuh kembangnya jamur dan juga bakteri yang menyebabkan ruam popok bayi.

Maka dari itu, bila sedang mengganti popok, perhatikan dengan cermat agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Supaya tidak berpotensi menimbulkan berbagai macam infeksi pada wilayah sekitar popok.

Itulah lima penyebab ruam yang muncul di area popok bayi. Berbagai macam penyebab timbul karena kulit sensitif, penggunaan popok yang lama bahkan dari obat antibiotik.  Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk memberikan produk popok yang tidak meninggalkan iritasi seperti Merries.

0 komentar:

Posting Komentar