Kenali Pengertian dan Jenis Audit Energi yang Sesuai untuk Perusahaan Anda

Audit Energi

Untuk menjaga keberlangsungan bisnis atau perusahaan, maka Anda harus mempertimbangkan berbagai aspek salah satunya yaitu konsumsi energi. Seringkali banyak pengusaha baru yang melalaikan pengeluaran ini sehingga perusahaan yang dirintis mengalami kebangkrutan. Saat ini Anda tidak perlu bingung lagi melakukan proses audit, karena ada banyak perusahaan audit energi yang bisa membantu.

Apa itu Audit Energi?

Audit energi biasa dilakukan oleh konsultan atau perusahaan yang berkualifikasi dan independen dan seringkali merupakan langkah pertama untuk mengurangi penggunaan dan biaya energi Anda. 

Audit Energi Mana yang Tepat untuk Anda?

Ada tiga jenis audit energi yang selama ini umum digunakan yaitu tipe 1, tipe 2 dan tipe 3 mulai dari detail hingga tingkat akurasi. Setiap jenis audit energi dapat digunakan untuk membantu organisasi memahami bagaimana energi digunakan dan juga untuk mengidentifikasi kemungkinan tindakan konservasi energi atau peluang penghematan energi.

Audit Energi Tipe 1 adalah audit energi dasar atau penilaian untuk fasilitas Anda yang memberikan penilaian tingkat penggunaan energi dan peluang penghematan energi yang lebih rendah. Ini berguna sebagai investigasi langkah pertama ke dalam peluang penghematan energi yang hemat biaya, namun tingkat akurasi biasanya ± 40 persen.

Audit Energi Tipe 2  memberikan penilaian yang lebih rinci tentang pola penggunaan energi Anda dan analisis penghematan dan penetapan biaya energi yang lebih komprehensif. Ini mencakup peningkatan cakupan penilaian dan deskripsi terperinci yang lebih besar tentang teknologi hemat energi yang relevan. 

Audit Energi Tipe 3  adalah audit subsistem presisi dengan detail yang lebih besar dan pengukuran yang tepat untuk penggunaan dan biaya energi. Jenis audit ini melibatkan persyaratan yang lebih ketat untuk akurasi data dan biasanya mencakup sub-pengukuran pabrik dan peralatan selama periode waktu tertentu.

Untuk membantu proses audit energi. Anda juga bisa menggunakan jasa https://sewatama.com/id/. Hal ini sangat penting apalagi jika Anda berencana untuk melakukan pengadaan listrik dengan kapasitas daya standar yang sesuai dengan kebutuhan. Sewatama sendiri menghadirkan beragam pilihan variasi kapasitas daya listrik mulai dari 1000 kVA hingga 10.000 kVA.

0 komentar:

Posting Komentar