Tips Merawat Mobil Kesayangan Anda

Tips Merawat Mobil Kesayangan Anda

Sebagai pengendara mobil, tentu Anda ingin mobil Anda awet untuk jangka waktu yang lama. Untuk memastikan mobil tetap bernilai tinggi dan nyaman dikendarai, pengguna mobil harus melakukan perawatan secara rutin, baik secara pribadi maupun dengan servis berkala ke bengkel resmi.

Cek Oli
Oli mobil harus diganti setiap 5.000-10.000 km untuk memastikan mesin mobil tetap bekerja dengan optimal. Cara untuk mengetahui oli mobil yang masik layak atau tidak adalah dengan meneteskan sedikit oli di tangan Anda dan memastikan tidak terdapat serpihan halus di dalamnya. Apabila Anda dapat merasakan serpihan atau benda asing, maka sudah waktunyauntuk mengganti oli mobil anda.

Pastikan Kopling Berfungsi Normal
Tips ini berlaku jika mobil Anda bertransmisi manual. Jika kampas kopling Anda sudah mulai aus, maka perpindahan gigi akan semakin berat dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara Anda. Ababila anda merasakan perseneling yang sulit dipindah,itu adalah salah satu tanda bahwa kampas kopling mobil sudah mulai aus.

Isi Air Radiator Secukupnya
Air radiator bergunasebagai pendingin mesin saat sedang melakukan tugasnya. Anda harus mengisi air di tabung radiator secara teratursehingga mesin dapat berjalan dengan sempurna. Selain itu, jika Anda cukup sering menggunakan air wiper, isi tabung air wiper dengan air bersih jika air sudah mulai habis.

Periksa Kabel dan Lampu
Anda harusmengecekkeadaan kabel dan lampu mobil Anda secara berkala. Sesekali, Anda akan mendapati kabel yang kendur atau bahkan terputus dan lampu mobil yang mulai redup. Agar tidak terjadi masalah saat dalam perjalanan, pastikan semua kabel dan lampu mobil Anda berada dalam keadaanyang baik.

Perawatan Aki Mobil
Hal paling mudah untuk merawat aki mobil Anda adalah dengan memastikan air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Selain itu, untuk mengecek kondisi aki adalah dengan memeriksa tegangan aki menggunakan alat voltmeter sehingga diketahui kemampuan aki saat akan digunakan. Apabila Anda kurang mengerti mengenai kondisi aki mobil, Anda bisa memeriksakan mobil anda ke bengkel mobil terdekat.

Merawat Ban Mobil

1. Bersihkan ban
Setelah melakukan perjalanan menggunakan mobil, anda harus memeriksakeadaan ban mobil Anda. Saat mobil yang Anda kendarai tanpa sengaja masuk ke dalam jalanan yang berlumpur, kotoran berbentuk lumpur basah akan tertinggal. Dan jika tidak dibersihkan, lama-kelamaan kotoran tersebut akan mengering. kotoran yang telah mengering itulah yang dapat mengganggu laju kendaraan Anda.

2. Ganti posisi ban
Anda harusrajin mengganti posisi ban mobil secara teratur, sesuai dengan seberapa ausnya dari masing-masing ban. Pada umumnya ban mobil depan membutuhkan waktu lebih cepat dalam mengalami aur dibandingkan dengan ban belakang, hal ini dikarenakan ban bagian depan digunakan untuk berbelok dan mengerem mobil dalam berbagai kecepatan.

3. Periksa tekanan angin ban
Selain itu, anda harus memeriksa tekanan angin ban mobil Anda secara rutin dan berkalaserta pastikan bahwa ukuran tekanan dari masing-masing ban sudah sesuai dengan standar yang diperlukan. Pemeriksaan tersebut harus anda dilakukan agar ban mobil tidak mudah rusak dan pecah. Tekanan ban yang berlebih atau bahkan kurang akan menyebabkan mobil terasa goyang dan tidak stabil saat dikendarai.

Selain tips merawat mobi idiatas, jangan lupakan juga terkait asuransi kendaraan. Hal tersebut sangat penting karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi kedepannya. Itu tadi beberapa tips merawat mobil kesayangan. Semoga bermanfaat J

0 komentar:

Posting Komentar