Cara Agar Biaya Renovasi Lebih Terjangkau

Cara Agar Biaya Renovasi Lebih Terjangkau

Menggunakan jasa renovasi rumah tentu akan sangat membantu Anda dalam memperbaiki bagian rumah yang rusak. Memang ketika Anda sudah memilih untuk renovasi rumah, perlu menyiapkan biaya yang tidak sedikit, ada pula suatu kasus yang membuat Anda harus mengeluarkan biaya melebihi yang sudah direncanakan. 

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengetahui cara renovasi rumah yang murah dan tepat, sehingga apa yang sudah disiapkan bisa digunakan dengan maksimal. Atau Anda juga bisa menyewa jasa renovasi rumah agar renovasi bisa berjalan dengan baik dan tepat. 

Tentu dalam hal renovasi ini tidak boleh dipandang remeh, orang-orang yang ingin merenovasi rumah perlu mengetahui dasar renovasi dan disiplin dalam pengerjaan, sehingga jika nantinya terdapat kesalahan atau kendala bisa segera diatasi.

Jika Anda berniat untuk merenovasi rumah, bisa menyimak info di bawah ini mengenai cara renovasi rumah yang murah :

1. Membuat skala prioritas renovasi

Terkadang rencana untuk biaya renovasi tidak sesuai dengan praktiknya. Anda perlu berpikir dan bersikap bijak agar biaya tidak membengkak. Anda bisa membuat skala prioritas dalam merenovasi rumah, hal ini juga biasa dilakukan jasa renovasi rumah. 

Biasanya, ada beberapa keinginan yang muncul untuk menambah aksesoris maupun barang unik nan lucu untuk renovasi. Jika Anda melakukannya, namun tidak membuat biaya membengkak, maka tidak apa-apa dilakukan.

2. Memakai bahan bangunan bekas namun masih bisa dipakai

Terkadang sisa dari bahan bangunan bekas renovasi sebelumnya masih ada dan juga layak untuk dipakai. Nah, Anda bisa memanfaatkannya untuk bahan dalam merenovasi rumah. Gunakan kembali bahan bangunan lama namun yang kondisinya masih bagus, misalkan genteng, pintu, jendela, maupun lainnya.

Jika warna bahan bangunan lama sudah mulai usang, jangan khawatir, karena Anda bisa mengecat ulang atau memolesnya dengan vernis atau politur sehingga tampilannya pun kembali seperti baru.   

3. Memahami rumus dasar renovasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda perlu untuk menyiapkan budget dalam renovasi rumah. Pahami pula rumus dasar renovasi yaitu metode perhitungan budget. 

Ada beberapa pilihan dalam metode perhitungan budget renovasi, Anda bisa memilih salah satu diantaranya dengan sebelumnya Anda cek satu persatu dan memilih mana metode yang paling hemat. 

Anda juga perlu melakukan perhitungan dengan rinci. Caranya yaitu dengan menghitung volume dan harga setiap pekerjaan yang perlu dilaksanakan. Jika Anda sukses dan disiplin melakukannya, maka nilai bangunan juga menjadi maksimal alias biaya semakin hemat dan hasil renovasi juga bagus.

4. Membuat rencana anggaran biaya pengeluaran

Selain menghitung sendiri tentang pengeluaran untuk renovasi rumah, Anda juga bisa meminta pendapat atau berkonsultasi pada ahlinya jasa renovasi rumah. Konsultasikan juga pada teman, keluarga, atau kerabat yang sudah pernah melakukan renovasi.  

Untuk membuat rencana anggaran biaya (RAB) Anda bisa melihat dari jenis material dan juga komponen pekerjaan. Misalnya Anda akan menghitung besar komponen beton, maka caranya dengan menghitung volume secara satuan isi (m3) lalu dikalikan dengan harga satuan per m3 yang sudah disusun sesuai analisa pemakaian material per m3 @Rp/m3.

5. Mengajak toko material sebagai rekanan

Cara terakhir agar biaya renovasi rumah Anda terjangkau yaitu dengan menjadikan toko bangunan sebagai rekanan. Ada beberapa toko bangunan yang memberikan kemudahan seperti calon pembeli yang bisa mengangsur untuk membeli material bangunan di toko mereka. Dengan cara ini, kedua belah pihak bisa diuntungkan. 

Demikian informasi mengenai beberapa cara untuk merenovasi rumah dengan biaya terjangkau. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin merenovasi rumah agar semakin terlihat menarik.  Selain itu pastikan Anda memilih jasa renovasi rumah yang profesional sehingga hasil kerjanya optimal.

0 komentar:

Posting Komentar