Kreativitas Penggunaan Gambar Kartun di Media Online

Kreativitas Penggunaan Gambar Kartun di Media Online

Gambar kartun tentu bukanlah jenis gambar yang asing lagi bagi kita. Kartun sudah sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bagi sebagian orang, kartun menjadi bagian dari hidup mereka. Kartun juga menjadi sebuah karya kreatif yang sangat menarik perhatian, tak hanya menarik perhatian anak-anak kecil tapi juga orang dewasa.

Dulu mungkin kartun sangat identik dengan anak-anak. Banyak sekali karakter kartun yang didesain khusus untuk anak-anak dan memang disukai oleh mereka. Namun, seiring dengan berjalannya waktu kini kartun lebih banyak digunakan secara luas. Bukan hanya dipakai sebagai media penghibur untuk anak-anak, kartun kini semakin bermakna.

Kini sudah semakin mudah bagi kita untuk menemukan kartun dimana-dimana. Ilustrasi kartun digunakan untuk berbagai macam keperluan, bukan hanya digunakan untuk hiburan anak-anak. Salah satunya, kartun bisa kita temukan dengan mudah di media-media online, seperti media sosial. Memangnya apa saja kegunaan kartun di media online saat ini?

Kreativitas Pemakaian Kartun

Menggambar kartun tidaklah mudah. Dibutuhkan keahlian dan kreativitas untuk menghasilkan kartun yang menarik. Jika kartun yang dibuat itu-itu saja tentu tidak akan terasa menarik lagi, bukan? Namun, sekarang seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi para pembuat kartun bisa mengembangkan kreativitas mereka dengan sangat baik.

Aneka tipe desain kartun bermunculan dengan ide-ide yang sangat menarik. Kali ini kita akan membahas seperti apa pemakaian kartun yang menjamur di media online saat ini. Berikut adalah 5 contoh bentuk kreativitas pemakaian kartun di zaman sekarang :

1. Media Promosi

Gambar kartun saat ini banyak digunakan sebagai alat untuk melakukan promosi. Seiring dengan perkembangan dunai online shopping yang semakin pesat, dibutuhkan media yang pas untuk berpromosi. Promosi yang unik dan menarik bisa dilakukan menggunakan kartun. Tokoh-tokoh kartun baru bisa diciptakan untuk membuat promosi yang menarik perhatian.

2. Sindiran

Ilustrasi kartun juga bisa dibuat untuk menghasilkan sebuah sindiran tertentu. Banyak sekali hasil ilustrasi kartun yang dibuat dengan tujuan untuk menyindir pihak-pihak tertentu. Penggunaan kartun semacam ini sekarang sedang banyak ditemukan mengingat saat ini sedang mendekati pemilu dimana para pendukung biasanya akan saling menyindir satu sama lain.

3. Ajakan Sosial

Ajakan sosial masa kini bisa dihadirkan dalam bentuk kartun. Banyak ilustrasi kartun yang hadir dengan pesan sosial yang positif. Ajakan sosial dalam bentuk kartun dinilai sangat menarik dan efektif terutama bagi kalangan anak muda pengguna media sosial saat ini.

4. Menyampaikan Cerita atau Pesan

Kartun bisa digunakan untuk menyampaikan sebuah cerita atau pesan tertentu. Ini memang merupakan fungsi kartun pada umumnya. Ilustrasi kartun memang banyak digunakan untuk menyampaikan sebuah cerita dengan gaya yang menarik dan tidak membosankan. Bisa dilihat sekarang ini banyak kisah-kisah positif yang beredar di media online dalam bentuk kartun.

5. Karikatur Individual

Banyak juga beredar di media sosial, ilustrasi kartun untuk wajah seseorang. Tokoh-tokoh terkenal juga sering dibuat dalam bentuk tokoh kartun yang unik dan lucu. Kreativitas pembuat ilustrasi kartun ini tentu sangat pantas untuk diapresiasi apalagi banyak gambar-gambar kartun yang begitu mirip dengan sosok asli tokoh yang digambar.



Itulah tadi beberapa contoh kreativitas penggunaan gambar kartun di media online saat ini. Bagi Anda yang mahir menggambar kartun, Anda bisa mencoba mengembangkan kreativitas dengan membuat aneka bentuk ilustrasi kartun yang menarik dengan tujuan yang bervariasi. Pastikan ilustrasi kartun yang Anda buat original dan tidak meniru hasil kartun yang sudah ada.

0 komentar:

Posting Komentar