Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ketika Membeli Mobil Bekas

Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ketika Membeli Mobil Bekas

Memiliki mobil mungkin menjadi salah satu impian banyak orang. Apalagi untuk yang sering berpergian jauh, mobil seperti New Avanza sangat diidamkan. Namun tidak semua orang memiliki budget yang tinggi untuk membeli mobil, ditambah lagi harga mobil semakin mahal dan harga pajak juga tinggi. Tidak heran jika akhirnya banyak orang yang memilih untuk membeli mobil bekas.

Mobil bekas menjadi pilihan yang tepat karena harganya yang cenderung jauh lebih murah daripada mobil baru. Sebagian dari Anda mungkin membayangkan mobil bekas adalah mobil yang kualitasnya buruk, padahal tidak semua mobil bekas seperti itu. Ada banyak mobil bekas yang masih memiliki kualitas baik bahkan masih terlihat baru. 

Hal yang penting untuk dilakukan adalah mengecek dengan cermat kondisi dari mobil tersebut. Agar tak salah dalam memilih dan membeli mobil bekas, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini.

1.Anda Tidak menanyakan seputar sejarah mobil yang akan dibeli

Ada banyak hal yang perlu Anda cek ketika membeli mobil bekas, salah satunya mengenai sejarah dari mobil yang akan dibeli. Semakin banyak informasi mendetail mengenai mobil tersebut, maka akan semakin baik. Karena mengetahui sejarah mobil bisa menghindarkan Anda dari kerugian yang bisa saja muncul ketika sudah membeli mobil tersebut.

Hindari mobil bekas yang pernah digunakan dalam tabrakan hebat dan terendam banjir. Hal tersebut akan berpengaruh pada peforma mesin yang tidak akan Anda rasakan dalam waktu dekat. Anda juga perlu menanyakan mobil bekas tersebut apakah pernah menjadi mobil sewaan atau mobil sitaan dari perusahaan leasing. Menanyakan hal tersebut, penting agar Anda bisa menghindari berbagai resiko kerugian yang bisa saja muncul.  

2.Tidak mengerti soal mesin mobil

Setiap mobil memiliki mesin yang berbeda peformanya, salah satu mesin mobil yang bagus kualitasnya yaitu New Avanza. Nah, ketika Anda membeli mobil bekas, tentu perlu memperhatikan kondisi mesin. Jangan sampai Anda salah memilih mobil dengan kondisi mesin yang sudah buruk. 

Kebanyakan orang tidak memahami masalah mesin mobil. Jika Anda termasuk yang tidak memahaminya, bisa mengajak saudara atau teman yang mengerti betul mengenai mesin mobil. Dengan begitu Anda tidak perlu ragu lagi untuk menentukan kondisi mesin bagus atau tidak.

Hal yang perlu dipastikan adalah komponen mesin mobil haruslah original, atau minimal masih bisa berfungsi dengan baik. Jika Anda merasa mesin mobil bekas tersebut sudah jelek, lebih baik tidak usah memaksa untuk membelinya.

3.Tidak memeriksa catatan servis kendaraan

Anda bisa melihat kondisi mesin baik atau tidak, dengan cara melihat catatan servis kendaraan. Karena dengan mobil yang rutin diservis, maka mobil tentu memiliki peforma yang baik. Biasanya, pihak bengkel yang menyervis mobil akan memberikan catatan servis dan komponen apa saja yang pernah diganti. Dengan mengecek catatan servis, Anda bisa lebih mudah untuk mengetahui mengenai kondisi mobil. 

4.Tergesa-gesa ketika test drive

Anda perlu untuk melakukan test drive atau uji coba ke jalanan. Anda bisa mengetahui bagaimana peforma mesin yang asli dengan cara memperhatikan suara dan getaran mesin, serta asap dari kanlpot mobil tersebut. 

Ketika melakukan test drive, jangan terburu-buru mengambil keputusan, karena kondisi mesin yang sebenarnya akan terlihat setelah dipakai beberapa lama atau dikendarai agak jauh. Lebih baik terlihat sebagai pembeli mobil yang merepotkan, daripada Anda menyesal membeli mobil bekas yang tidak bagus.

Demikian 4 hal yang seringkali dilakukan orang ketika membeli mobil bekas. Namun jika lebih tertarik untuk membeli mobil baru, sebaiknya Anda memilih mobil New Avanza yang tentu saja sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih sehingga memudahkan mobilitas Anda.

0 komentar:

Posting Komentar