Rabu, 04 April 2018

Berapa Kali Cuci Wajah Tergantung Jenis Kulit dan Kebiasaan

Berapa Kali Cuci Wajah Sehari Tergantung Jenis Kulit dan Kebiasan

Banyak orang yang menganggap, semakin sering cuci muka dalam sehari, semakin bersih dan terawat juga kulit wajahnya.

Padahal tidak demikian, mencuci muka berlebihan juga punya risiko sendiri untuk kesehatan kulit wajah. Lalu, baiknya berapa kali mencuci muka dalam sehari?

1. Untuk kulit sensitif

Untuk kulit kering dan sensitif, kamu hanya perlu satu kali cuci muka dalam sehari. Untuk kulit kering, mencuci muka sering-sering dapat memperburuk kondisi kulit karena bisa mengurangi minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulit.

Kamu juga dianjurkan untuk cuci muka di pagi hari atau di malam hari saja. Lakukan juga perawatan kulit wajah seperti menggunakan toner dan pelembab agar kulit tetap terjaga kelembabannya.

2. Untuk kulit berminyak

Untuk kulit yang berminyak, ada baiknya cuci muka dalam sehari sebanyak dua kali. Pasalnya, mencuci muka di pagi hari bisa membersihkan minyak yang menumpuk selama tidur.

Sedangkan mencuci muka di malam hari bisa mencegah minyak menumpuk dan jerawat muncul karena kotoran yang menempel di muka selama beraktivitas.

Disarankan juga untuk melakukan scrubbing atau exfoliating kulit sebanyak 2 minggu sekali untuk menjaga kesehatan kulit wajah maksimal.

3. Mencuci muka sehabis olahraga

Mencuci muka setelah olahraga merupakan suatu keharusan bagi orang yang memiliki tipe kulit jenis apa pun. Ini disebabkan karena keringat yang keluar saat olahraga akan meresap ke dalam kulit dan menghambat pori-pori. Kamu pun akan rentan berjerawat.

Ingat juga untuk selalu menggunakan handuk dan air bersih saat membasuh dan mengeringkan wajah. Mengeringkan muka menggunakan handuk kotor bisa membuat kulit jadi gampang iritasi.

4. Bila sehari-hari pakai makeup

Kamu wajib dua kali mencuci muka dalam sehari bila termasuk orang yang selalu pakai makeup sehari-hari. Apa pun jenis kulitmu, berminyak atau sensitif, satu hal yang pasti harus dilakukan. Setelah memakai makeup kamu perlu membersihkan wajah dalam dua tahap.

Pertama harus menghapus makeup dengan pembersih khusus kosmetik (makeup remover). Kedua, cuci muka menggunakan sabun wajah seperti biasa.

Bila kamu masih menemukan sisa makeup saat mengeringkan wajah dengan handuk, berarti kamu tidak membersihkan dengan efektif seperti yang seharusnya.

Jangan terlalu sering cuci muka

Jika kamu sering mencuci muka, nantinya kulit bisa dengan mudah melepaskan semua minyak yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal, lembap, dan bersinar.

Hal itu juga bisa memecah keasaman kulit, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar keringat, minyak, dan bakteri baik.

Padahal agar kulit kuat dan sehat, kamu membutuhkan keasaman pada kulit yang cukup. Parahnya lagi, terlalu sering cuci muka dapat membuat kulit makin kering, kemerahan, bersisik, dan rentan muncul jerawat.

0 komentar:

Posting Komentar